Materi safety talk adalah suatu pembahasan yang disiapkan untuk disampaikan kepada pekerja atau karyawan untuk mengingatkan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Safety talk ini biasanya dilakukan sebelum memulai pekerjaan atau bisa dijadwalkan dalam satu minggu sekali semua tergantung kebijakan Perusahaan.
29+ Materi Safety Talk
Pelaksanaan safety talk atau tool box meeting itu sendiri sudah di atur dalam undang-undang nomor 1 tahun 1970 mengenai pengurus diwajibkan menyelenggarakan pembinaan terkait keselamatan kerja, oleh sebab itu kita sebagai seorang HSE hendaknya melakukan safety talk atau tool box meeting ini dengan komitmen dan rutin agar tingkat kesadaran karyawan selalu mengedepankan aspek K3.
Terkadang seorang HSE bisa kehabisa materi pembahasan safety talk, karena kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari. Nah sebelumnya saya sudah menyediakan artikel mengenai Kumpulan Materi Safety Talk yang setidaknya dapat dijadikan referensi dalam menyampaikan pembinaan sebelum melaksanakan pekerjaan kepada karyawan.
Usahakan sebelum kita melakukan kegiatan safety talk, fahami dan pelajari terlebih dahulu apa saja yang mustinya kita sampaikan agar penyampaian bisa dimengerti oleh pekerja. Sebenarnya apa saja sih yang dibahas dalam program safety talk atau tool box meeting itu sendiri? Dibawah akan kami jabarkan mengenai hal berikut:
Apa Saja Yang Disampaikan Pada Kegiatan Safety Talk?
Pada umumnya safety talk bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesadaran para pekerja agar dalam melakukan suatu pekerjaan tetap memprioritaskan keamanan dirinya supaya mereka berangkat kerja dengan sehat dan pulang dengan selamat.
Lalu pembahasan safety talk biasanya berisikan mengenai materti umum terkait keselamatan dan kesehatan kerja, rencana kerja yang akan dilaksanakan, potensi bahaya yang dapat timbul dari pekerjaan tersebut hingga cara pencegahannya agar pekerjaan yang kita laksanakan tetap aman dan tidak ada kecelakaan ditempat kerja.
Kumpulan Materi Safety Talk
Penggunaan Scaffolding
Pengangkatan Manual
Akses Kerja Yang Aman
Hak Memberhentikan Pekerjaan
Tata Tertib Memasuki Lingkungan Perusahaan
HSE Golden Rules PT. Nindya Karya (Persero)
Kedisiplinan Karyawan
Rambu Keselamatan
Permit to Work
Program Fit to Work
HSE Golden Rules PT. Pertamina (Persero)
di Kantor atau Office
MSDS
Tambang
Potensi Bahaya
Penyebab Insiden
Pengelasan
Penggunaan Forklift
Confinend Space
Pengoperasian Crane
Potensi Bahaya Kejatuhan
Konstruksi
P3K
Manual Handling
Kebersihan Lokasi Kerja
Cuaca Buruk
Penggunaan APAR
Housekeeping
Pentingnya APD
Bagaimana Agar Safety Talk Yang di Sampaikan Dapat Dimengerti Karyawan
Agar penyampaian safety talk yang kita bahas mudah dimengerti oleh karyawan alangkah baiknya sebelum melaksanakan program tersebut kita pelajari dan persiapkan matang-matang agar tidak terbata-bata atau kebingungan dalam penyampaiannya.
Sudah banyak artikel pada website Lulusandiploma.com tersedia beberapa kumpulan materi safety talk yang bisa kita pelajari. Alangkah mudahnya kehidupan dijaman era digitalisasi ini apapun yang kita butuhkan semuanya sudah tersedia dan dapat kita cari.
Kenapa Harus Memberikan Safety Talk Kepada Pekerja?
Alasan mengapa kita harus memberikan safety talk kepada pekerja adalah agar penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berjalan dan untuk mematuhi peraturan perundangan yang berlaku yaitu didalam uu no 1 tahun 1970 yang sudah saya jelaskan diatas.
Mungkin itulah ulasan singkat mengenai Materi Safety Talk, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk dipakai saat melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja. Tetap semangat dalam bekerja, safety yes! accident no!
Komentar
Posting Komentar